RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Yasmin
Kelas/Semester : X/2
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn)
Materi Pokok :
Membangun Kesadaran Berbangsa dan Bernegara
Alokasi
Waktu : 6 x
45 menit (3 X Pertemuan )
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan perabadan terkait penyebab penomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkrit dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.
Menghayati
nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat (KD
1.1.)
2.
Mengamalkan perilaku toleransi dan harmoni keberagaman
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia (KD 2.5.)
3.
Memahami pentingnya
kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat
dari konteks sejarah dan geopolitik Indonesia (KD 3.8.)
4.
Menyaji analisis
tentang pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks
sejarah dan geopolitik Indonesia (KD 4.8.)
C. Indikator
1.
Menjelaskan
pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara kesatuan.
2.
Membangun kesadaran
berbangsa dan bernegara kesatuan dalam konteks sejarah.
3.
Membangun kesadaran
berbangsa dan bernegara kesatuan dalam Konteks geopolitik
4.
Mengkomunikasikan
hasil analisis pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat
dari konteks sejarah dan geopolitik Indonesia.
5.
Menerapkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli serta peduli berkaitan dengan materi
kesadaran berbangsa dan bernegara kesatuan.
D. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Melalui kegiatan mengamati, menanya, Mengumpulkan
Informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta
didik dapat:
a.
mendeskripsikan
bentuk-bentuk kesadaran berbangsa dan bernegara,
b.
menjelaskan
pentingnya kesadaran Berbangsa dan Bernegara, dan
c.
menerapkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab dan peduli dalam kegiatan pembelajaran.
Pertemuan 2
Melalui
kegiatan mengamati, menanya, Mengumpulkan Informasi,
mengasosiasikan dan mengkomunikasikan peserta
didik dapat :
a.
menjelaskan sejarah
perjuangan kemerdekaan Indonesia,
b.
menguraikan
kesadaran dan komitmen tokoh-tokoh perjuangan Indonesia,
c.
menguraikan
kesadaran Berbangsa dan Bernegara dalam konteks sejarah,
d.
menerapkan perilaku jujur, pro aktif dan tanggung jawab serta peduli.
Pertemuan
3
Melalui kegiatan mengkomunikasikan peserta didik
dapat:
a.
menjelaskan letak
strategis negara Indonesia,
b.
menguraikan jiwa
patriotisme dan nasionalisme,
c.
menjelaskan konsep
geopolitik,
d.
membangun kesadaran
berbangsa dan bernegara kesatuan dalam konteksgeopolitik, dan
e.
menerapkan perilaku santun, responsif, pro aktif dan peduli selama kegatan
pembelajaran.
Pertemuan 4
Ulangan harian
E. Materi Pembelajaran
Fakta
Beberapa peristiwa yang menggarah pada terjadinya
DisIntegrasi Bangsa (Kasus Papua, Kasus
Maluku ”RMS” dan sebagainya)
Konsep
1.
Pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara kesatuan
2.
Kesadaran berbangsa dan bernegara kesatuan dalam konteks
sejarah
3.
Kesadaran berbangsa dan bernegara kesatuan dalam konteks
wawasan nusantara
Prinsip
Wawasan Nusantara sebagai paham geopolitik Bangsa
Indonesia
Prosedur
Proses Penegakan hukum bagi pelaku pemecah belah persatuan dan kesatuan
bangsa
4.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Saintifik
2. Model
Pembelajaran : Inquiry learning
3. Metode : Ceramah, diskusi
kelompok,tanya
jawab, dan penugasan
5.
Alat/Media/Bahan
Alat/media : LCD Projector, Media Massa
Sumber Belajar :
Buku PPKn Kelas X dan Buku Guru
1.
Patriotisme dan Nasionalisme Indonesia
2.
Nasionalisme di Persimpangan
3. Konsep Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional
4. http://www.google. com;
5. http://www.wikipedia.co.id
6. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mempersiapkan kelas agar
lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang
kelas, presensi (absensi, kebersihan, kelas, menyiapkan media dan alat serta
buku yang diperlukan).
2. Guru menyampaikan topik 8. Sub
A. tentang “Pentingnya kesadaran Berbangsa dan Bernegara kesatuan”. Namun
sebelum mengaji lebih lanjut tentang topik itu, terkait dengan sikap sosial secara khusus guru menanyakan
kondisi kesehatan para siswanya.
3. Guru memberikan penguatan
tentang aspek motivasi belajar dan sikap spiritual siswa berkaitan dengan
rasa syukur siswa masih dapat datang ke sekolah mengikuti pelajaran dan dalam
kondisi sehat.
4.
Guru menyiapkan pembahasan materi melalui Model
Pembelajaran Inquiri
|
5
menit
|
Inti
|
1. Sebelum peserta didik dapat
memahami pentingnya kesadaran Berbangsa dan Bernegara kesatuan, guru dapat
menunjukkan ilustrasi/gambar tentang bentuk kesadaran warga dalam menjaga
lingkungannya
2. Guru dapat memulai pelajaran
dengan mengamati ilustrasi/gambar dan menanyakan tentang gambar/ilustrasi
tersebut
Mengamati
3. Peserta didik diminta untuk
mengamati gambar Pasukan Pengibar Bendera dilanjutkan dengan
membuat pertanyaan dari gambar tersebut (menanya)
Menanya
4.
Peserta didik membuat pertanyaan dari gambar Pasukan
Pengibar Bendera
Mengumpulkan
informasi
5. Peserta didik dalam kelompok
diminta untuk mengumpulkan informasi dengan mencari informasi dimedia cetak
atau elektronik tentang menurunnya kesadaran berbangsa dan bernegara
Mengasosiasikan
6. Peserta didik dalam kelompok
analisis kesadaran berbangsa dan bernegara berdasarkan inkuari nilai
Mengkomunikasikan
7.
Peserta didik (kelompok) mengumpulkan hasil
analisis kesadaran berbangsa dan bernegara berdasarkan inkuari nilai (secara
tertulis)
|
75
menit
|
Penutup
|
1.
Guru
menyimpulkan hasil pemaparan memaknai pentingnya kesadaran Berbangsa dan
Bernegara kesatuan yang dilanjutkan dengan umpan balik secara lisan kepada
peserta didik.
2.
Sebelum
mengakhiri pelajaran, guru dapat melakukan refleksi terkait dengan
peristiwa/gambar/semboyan tersebut.
3. Guru mengakhiri pembelajaran
dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan
kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar
|
10
menit
|
Penilaian Pertemuan 1
1.
Penilaian Sikap
Penilaian
sikap terhadap peserta didik dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung.
Penilaian dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini aspek yang diamati
adalah aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik dalam menegrjakan tugas
yang diberikan guru, meliputi antusia, tanggung jawab dan kerjasama dalam
kelompok
2.
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan. Dimana peserta didik diminta
untuk menjawab/melengkapi jawaban tentang ”Orang yang sedang Siskamling” dan
menjawab tabel 8.1. tentang upaya bangsa dan negara Indonesia agar dapat
bersaing di era global
3.
Penilaian
Keterampilan
Penilaian
ini dilakukan dalam bentuk portofolio Peserta didik (kelompok) mengumpulkan
hasil analisis kesadaran berbangsa dan bernegara berdasarkan inkuari nilai
(secara tertulis)
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mempersiapkan kelas agar
lebih kondusif untuk proses belajar mengajar dilanjutkan dengan Appersepsi
2. Guru menyampaikan topik tentang
“Kesadaran Berbangsa dan Bernegara dalam konteks sejarah”.
3.
Guru
mempersiapkan pembahasan materi melalui Model Pembelajaran Inquiry.
|
5 menit
|
Inti
|
1. Sebelum peserta didik memupuk
kesadaran Berbangsa dan Bernegara dalam konteks sejarah, guru dapat
menampilkan gambar/ilustrasi yang berkenaan dengan sejarah perjuangan bangsa
2. Guru memaparkan secara ringkas
tentang memupuk kesadaran Berbangsa dan Bernegara dalam konteks sejarah
Mengamati
3.
Peserta didik diminta mengamati Gambar Konferensi Meja
Bundar
Menanya
4.
Peserta didik diminta menjawab 5 (lima) pertanyaan
terkait dengan gambar tersebut
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik dalam kelompok melakukan pengumpulan data
terkait dengan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara dalam konteks sejarah
Mengasosiasikan
6.
Peserta didik dalam kelompok mengasosiasikan hal yang
berkaitan dengan dengan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara dilanjutkan dengan
mengisi (mencontreng) yang berkaitan dengan kesadaran berbangsa dan bernegara
sebagaimana terdapat pada tabel 8.2. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara
Mengkomunikasikan
7.
Secara random peserta didik perwakilan kelompok (2 s/d
3 orang siswa) dapat mengkomunikasikan secara lisan hasil analsis tentang
kesadaran berbangsa dan bernegara dalam konteks Sejarah. Sedangkan peserta
didik yang lain mengumpulkan hasil analisis secara tertulis
|
75 menit
|
Penutup
|
1. Guru menyimpulkan hasil
pemaparan memupuk kesadaran Berbangsa dan Bernegara dalam konteks sejarah
yang dilanjutkan dengan umpan balik secara lisan kepada peserta didik tentang
peristiwa tersebut
2. Sebagai Uji Kompetensi, peserta
didik dapat menjawab analisis gambar Sidang KMB dan sikap tentang kesadaran
berbangsa dan bernegara dalam konteks sejarah
3. Guru mengakhiri pembelajaran
dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan
kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar
|
10 menit
|
Penilaian Pertemuan 2
1.
Penilaian Sikap
Penilaian
sikap terhadap peserta didik dilakukan dalam bentuk Penilaian antar peserta
didik
2.
Penilaian
pengetahuan
Penilaian poengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, dimana peserta
didik diberi tugas untuk menjawab/melengkapi gambar tentang Sidang KBM dan
melengkapi tabel 8.2. sikap tentang
kesadaran berbangsa dan bernegara
3.
Penilaian
Keterampilan
Penilaian
ini dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam
mengkomunikasikan secara lisan (terkait dengan perwakilan kelompok 3 s/d 5
orang siswa) dan Portopolio selain perwakilan kelompok (3 s/d 5 orang siswa)
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mempersiapkan kelas agar
lebih kondusif untuk proses belajar mengajar dilanjutkan dengan Appersepsi
dan tak kalah penting aspek sikap spiritual siswa
2. Guru menyampaikan topik 8 Sub
C. tentang “Kesadaran berbangsa dan bernegara kesatuan dalam kontekswawasan
nusantara”.
3. Guru mempersiapkan pembahasan
materi melalui metode diskusi, dimana kelompok telah ditentukan topiknya
(kelompok 8 agar mempersiapkan kelompoknya)
|
10 menit
|
Inti
|
Mengkomunikasikan
1. Presentasi Kelompok 8, Topik
bab 8, Sub bab C kesadaran berbangsa dan bernegara kesatuan dalam wawasan
nusantara
2. Pada saat kelompok 8 tampil
presentasi, kelompok lainnya menyimak materi presentasi yang sedang di
jelaskan
3. Setelah presentasi selesai
dipaparkan oleh kelompok 8, kelompok lain memberikan saran/masukan dan
mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang sedang dibahas
4. Pengajuan pertanyaan dilakukan
dalam bentuk termin pertanyaan (jumlah termin disesuaikan dengan alokasi
waktu yang tersedia)
|
75 menit
|
Penutup
|
1. Guru menyimpulkan hasil
pemaparan perlunya membangun kesadaran berbangsa dan bernegara kesatuan dalam
konteks wawasan nusantara dilanjutkan dengan umpan balik secara lisan kepada
peserta didik tentang kesadaran berbangsa dan bernegara kesatuan dalam
konteks wawasan nusantara tersebut.
2. Sebelum mengakhiri pelajaran,
guru dapat melakukan repleksi terkait dengan perlunya membangun kesadaran
berbangsa dan bernegara kesatuan dalam konteks wawasan nusantara.
3. Guru mengakhiri pembelajaran
dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan
kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar
|
5 menit
|
Penilaian Pertemuan 3
1.
Penilaian
Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan dengan Penilaian
diri tentang kesiapan menjelang Ulangan Harian Bab 8. Kesadaran Berbangsa dan
Bernegara
2.
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, dimana peserta didik diminta
untuk melengkapi dan menjawab pertanyaan yang terdapat pada tabel 8.3 tatangan
dan permasalahan patriotisme dan nasionalisme dan analisis gambar tentang
wawasan nusantara
3.
Penilaian
Keterampilan
Penilaian keterampilan dilaksanakan pada saat peserta didik mempresentasikan
kesadaran berbangsa dan bernegara kesatuan dalam wawasan nusantara (komunikasi
secara lisan)
Penilaian ketrampilan dilakukan dalam bentuk Projek Praktek Kewarganegaraan
Ø Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya tentang permasalahan bangsa di masa kini
dan masa datang dalam berbagai bidang.
Ø Peserta
didik memberikan solusi beberapa alternatif yang perlu dipersiapkan dan agar
kesadaran berbangsa dan bernegara semakin meningkat.
Ø Peserta
didik melengkapi tabel 8 berikut :
Tabel 8. Kesadaran berbangsa dan bernegara
No.
|
Bidang
|
Permasalahan
|
Alternatif penyelesainnya
|
Tujuan yang akan dicapai
|
1.
|
Pendidikan
|
|
|
|
2
|
Ekonomi
|
|
|
|
3.
|
Sosial
Budaya
|
|
|
|
4.
|
Politik
|
|
|
|
5.
|
Hankam
|
|
|
|
6.
|
Hukum
|
|
|
|
7.
|
Agama
|
|
|
|
v Instrumen penilaian Sikap, Pengetahuan
dan Keterampilan terlampir.
Jakarta, 24 April 2014
Kepala SMA Yasmin Guru
Mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar